1/14/2016

Kadang Mikir, Andai Ada Suami

Menjawab pertanyaan pembacanya tentang, apakah ia tak pernah kepikiran untuk punya suami. Tulisan ini keluar begitu terus terang, apa adanya, tentang bagaimana ia menjalani hidup tanpa suami. Singkat kata, janda juga manusia. #Eh!

Kadang Mikir, Andai Ada Suami

Ada saatnya kalau lagi ‘down’ saya suka berpikir, enak kali’ ya, kalau punya pasangan atau suami. Kadang-kadang pikiran ini menongol sebentar, tapi biasanya semenit kemudian sudah lupa. Ini hal-hal yang suka bikin saya mikir, "Coba kalau ada suami ya…”
  • Kalau habis capek banget di kantor atau had a bad day. Rasanya enak bener ya kalau ada yang diajak curhat atau mau meluk biar ngga sedih. Tapi, semenit kemudian, saya sudah nelpon temen-temen baik saya, si Kiwir, Muin, Uni, adik saya Marina.
  • Kalau mobil lagi ngadat. Untungnya mobil saya reliable, tetapi pernah ban mobil kempes pas pagi-pagi mau ke kantor. Terpaksalah ganti sendiri, sambil mikir, coba ada suami ya. Tapi untungnya ada si Bihin, suami si Al pembantu saya yang tinggal di rumah, yang gantiin mobil.
  • Kalau lagi males bawa mobil malem-malem. Tapi akhirnya sih ngga pergi, atau telpon temen yang mau jemput, hehehe...
  • Kalau lagi ada cicak mati atau kecoa. Saya dari dulu males banget berurusan sama reptil yang satu ini. Kadang anak-anak saya yang berbulu itu suka iseng ngejar cicak dan digeletakin begitu aja. Atau kecoa, saya bisa aja kepret pake sendal jepit tapi males ngangkatnya ke tong sampah. Lagi-lagi, untung ada Bihin…(duh, kalau suaminya jijikan juga matilah gue!).
  • Kalau ada urusan rumah yang nyebelin, misalnya, listrik ngadat, keran bocor, pompa macet. Akhirnya memang sih saya bisa benerin kalau kerusakannya kecil-kecil. Lagi-lagi, Bihiiin… (Alangkah lebih nyebelinnya lagi kalau punya suami yang ngga bisa menyelesaikan masalah-masalah ini).
  • Kalau lagi nonton film horor seperti semalem. Dengan begonya, saya kemakan nasehat temen yang bilang, “Nonton film horor deh kalo lagi stress sama kerjaan. Ntar stressnya ilang”. Yang ada stressnya nambah karena ngga ada temen di kamar. Nah, kalau ini, Bihin ngga bisa bantu, yang ada ya anak-anak yang berbulu itu, dan berharap kalau ada setan lewat mereka menggonggong.
  • Kalau lagi nonton film yang rada romantis. Coba ya, kalau ada cowok yang cintanya kayak gini sama gue…tapi lagi-lagi saya kembali kepada realita: mana ada cowok yang kayak gitu seperti di film-film.

Nah, rasanya cuma itu ya. Yang paling terasa memang kalau sedang stress dan sedih, karena saya sangat gampang terbawa emosi, apalagi kalau sedang PMS.

Rasanya nyaman kalau ada orang yang sabar yang tetap sayang sama saya walaupun saya sedang nyebelin dan bikin kesal, atau simply not being myself. Tapi saya punya segerobak temen yang bisa diandalkan kalau lagi down, tapi ya ndak 24/7, artinya, saya bukan prioritas utamanya.

Emang enak ya, rasanya kalau jadi prioritas utama orang yang kita sayangi. Tapi lebih ngga enak kalau kita bukan prioritas utama suami kita kali ya… Misalnya, prioritas utamanya dia nonton bola dibandingkan dengan mijet istrinya. Padahal kalau kelar mijet pasti ada upah, iya kan?

Eniwe, hidup sendiri itu ada enak dan ada tidaknya. Tapi memang tidak bisa dipungkiri, kita semua butuh companionship.  Tapi saya pegang apa yang sepupu saya pernah bilang ke saya (dia duda): At least you can get the second best.

Syukuri saja apa yang ada… Lagian, masih bisa bayar orang buat ngusir kecoa, nyemprot obat nyamuk (karena saya ga tahan bau obat nyamuk, asthma), ganti ban mobil. Masih kuat ngangkat belanjaan, nukang-nukangin yang rusak-rusak di rumah.

Yang memang paling terasa adalah kalau lagi ada problem dan tidak ada yang bisa diandalkan setiap saat untuk bisa memberikan semangat dan energi positif kapan saja, tanpa pamrih.

Walaupun punya suami juga ngga jaminan bisa menjadi companionship yang baik…


(Origin: Janda Kaya)

Anda juga bisa menuliskan dan berbagi dengan seluruh sahabat pembaca "TJanda". Menulislah sekarang dan kirimkan melalui halaman Kontak.

1 komentar so far

Hehe sptnya nasib kita sama nih mba..tp sy msh berprangsaka baik, insya allah msh di ksh jodoh lg di usia sy yg k 41 ini hehe